Blogspot
Home

Prosedur di Bandara

Bookmark and Share

Banyak temen atau keluarga saya yang menanyakan prosedur yang diperlukan di bandara ketika mereka mau pergi keluar negeri. Saya merasa prosedur tersebut selalu sama dan selalu diulangi. Maka dari itu, dalam artikel ini, saya akan menuliskan prosedurnya per langkah dan berbagi informasi tersebut dengan Anda. Prosedur yang saya tuliskan bukan prosedur baku. Prosedur tersebut hanya merupakan referensi Anda. Untuk informasi Anda, artikel ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya. Maka dari itu, gunakan informasi yang saya sediakan menurut resiko Anda.

Dalam artikel ini, saya menggunakan Singapura sebagai contoh untuk tujuan perjalanan karena saya selalu pergi ke Singapura dari bandara Soekarno-Hatta.

KEBERANGKATAN DARI JAKARTA, INDONESIA
BANDARA SOEKARNO-HATTA

Prosedurnya sebagai berikut.
  1. Siapkan paspor dan tiket (elektronik) Anda.
  2. Sebelum masuk ke stasiun x-ray, akan berdiri petugas keamanan di depan pintu. Berikan dia paspor dan tiket (elektronik) Anda untuk diperiksa.
  3. Masukan barang bawaan Anda ke mesin x-ray untuk diperiksa.
  4. Pergi ke loket check-in sesuai dengan airline yang Anda naiki. Anda bisa mengecek lokasi loket ini dengan menanyai orang atau dengan mengecek papan elektronik yang terletak diluar pintu x-ray scan.
  5. Di loket check-in, berikan petugas paspor dan tiket elektronik Anda. Siapkan uang sebesar Rp100.000 untuk pembayaran tax bandara Soekarno-Hatta. Jangan lupa untuk meminta kuitansi pembayaran.
  6. Petugas akan mengembalikan Anda paspor, tiket elektronik, dan boarding pass, dan akan memberitahu Anda nomor boarding gate, waktu gate dibuka, dan waktu masuk pesawat (boarding).
  7. Petugas juga akan memberi Anda kartu imigrasi untuk keluar-masuk Indonesia. Isi kartu ini nanti.
  8. Tanyakan petugas loket untuk pembayaran fiskal jika kamu keluar negeri memakai social-visit pass. Lakukan pembayaran uang fiskal sebesar Rp1.000.000 di loket tersebut dan jangan lupa untuk meminta kuitansi pembayaran.
  9. Jika Anda memiliki kartu pelajar luar negeri atau ijin bekerja di luar negeri atau penduduk tetap luar negeri, Anda bisa bertanya kepada petugas dimana loket untuk mengurus bebas fiskal. Silahkan menuju ke loket tersebut dengan segera karena antrian biasanya sangat panjang.
  10. Selesai mengurus fiskal, jika waktu mengijinkan, Anda bisa keluar dari tempat ini untuk bertemu dan mengobrol dengan sanak saudara dan teman sambil mengisi kartu imigrasi keluar/masuk Indonesia.
  11. Mendekati waktu boarding, Anda perlu mengulangi langkah 1, 2, dan 3 lagi.
  12. Setelah x-ray scan, Anda bisa pergi ke loket pemeriksaan fiskal. Berikan petugas tersebut paspor, tiket (elektronik), boarding pass, kartu imigrasi, dan kuitansi fiskal Anda.
  13. Setelah itu, silahkan antri untuk mengecap paspor Anda. Anda bisa memberikan semua dokumen yang disebutkan di langkah 12 kepada petugas.
  14. Setelah dicap, periksa paspor Anda apakah dicap dengan tanggal yang benar. Logo yang tertera biasanya segitiga biru atau merah.
  15. Sekarang Anda bisa menuju gate. Anda bisa mengetahui gate dari tulisan yang biasanya dilingkari di boarding pass.
  16. Sampai di gate, silahkan menuju tempat scan x-ray lagi.
  17. Berikan petugas disana paspor, tiket (elektronik), boarding-pass, kartu imigrasi, dan kuitansi pembayaran fiskal Anda.
  18. Di sini, kartu imigrasi Anda akan dirobek. Untuk informasi Anda, kartu imigrasi terdiri atas 2 bagian, yaitu satu bagian untuk keluar Indonesia dan bagian yang lain untuk balik Indonesia. Bagian yang lain itu akan dibalikkan kepada Anda dan bagian ini harus disimpan.
  19. Setelah itu, Anda bisa menunggu di ruang tunggu.
  20. Setelah pengumuman masuk pesawat, silahkan Anda menuju pesawat. Periksa nomor tempat duduk Anda yang tertera di boarding pass.
  21. Di dalam pesawat, pramugari akan menawarkan Anda kartu imigrasi untuk keluar/masuk Singapura. Silahkan ambil satu dan isi dengan informasi yang tepat.
  22. Nikmati penerbangan Anda menuju Singapura.

KEDATANGAN DI SINGAPURA
BANDARA CHANGI

Prosedurnya sebagai berikut.
  1. Turun dari pesawat, Anda bisa menuju loket imigrasi untuk mengecap paspor Anda.
  2. Dalam perjalanan tersebut, Anda bisa singgah di toilet atau shopping di duty free.
  3. Di loket imigrasi, berikan petugas paspor dan kartu imigrasi keluar/masuk Singapura Anda.
  4. Serupa dengan kartu imigrasi keluar/masuk Indonesia, kartu imigrasi keluar/masuk Singapura juga akan dirobek dan bagian yang satunya akan dibalikkan kepada Anda untuk disimpan.
  5. Setelah menyelesaikan masalah imigrasi, Anda bisa menuju tempat pengambilan bagasi. Disana akan terdapat lebih dari satu stasiun pegambilan bagasi. Anda bisa memeriksa nomor stasiun pengambilan bagasi Anda dari monitor LCD yang ada disekitar.
  6. Sambil menunggu bagasi, Anda bisa menelepon dengan menggunakan telepon umum. Telepon lokal tersedia gratis disini.
  7. Setelah mengambil bagasi Anda, kadang-kadang petugas keamanan akan meminta Anda untuk x-ray scan. Jika tidak, Anda bisa langsung menuju pintu keluar.
  8. Nikmati perjalanan Anda di Singapura.
read this article in English.

0 Comments: